Egoisme Para Pengurus Lembaga Perasuransian Dalam Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perasuransian Di Indonesia
Keywords:
Sumber Daya Manusia, Lembaga Perasuransian, Lembaga Sertifikasi Profesi, Standar KompetensiAbstract
Abstrak
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang perasuransian yang disahkan melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 51 Tahun 2021 mengamanatkan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang Perasuransian, seakan berkompetisi satu dengan lainnya masing-masing lembaga atau asosiasi perasuransian mendirikan LSP sesuai ke-khas-annya masing-masing, maka bermunculanlah LSP AAJI, LSP AAUI, LSP AAMAI, LSP PS, LSP PI, LSP PKAI, LSP JAKI disamping perguruan tinggi vokasi asuransi yang sudah berdiri jauh terlebih dahulu yaitu STMA Trisakti dan STIMRA, hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa para pengurus lembaga perasuransian cenderung lebih mengutamakan aspek bisnis dan keuntungan semata, dibandingkan dengan upaya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Perasuransian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena egoisme pengurus lembaga perasuransian dan dampaknya terhadap pengembangan SDM Perasuransian di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan pengurus lembaga perasuransian untuk lebih memprioritaskan aspek bisnis dan keuntungan, dengan mengutamakan kepentingan pengurus dan lembaganya masing-masing, sementara penguatan SDM agar dapat bersaing di tingkat global kurang mendapat perhatian yang memadai. Hal ini memerlukan kerjasama semua pihak untuk mewujudkan LSP yang kuat dan diakui di kancah global seperti CII di Inggris atau ANZIIF di Australia dan New Zealand yang keberadaannya diakui dan dihormati di seluruh dunia.
Kata kunci: Sumber Daya Manusia, Lembaga Perasuransian, Lembaga Sertifikasi Profesi, Standar Kompetensi.
Abstract
Indonesian National Competency Standard (SKKNI) for the insurance sector, which was ratified through Decree of the Minister of Manpower Number 51 of 2021, mandates the establishment of a Professional Certification Institute (LSP) in the insurance sector, as if competing with each other, each insurance institution or association establishes an LSP according to its characteristics. each, then the emergence of LSP AAJI, LSP AAUI, LSP AAMAI, LSP PS, LSP PI, LSP PKAI, LSP JAKI in addition to insurance vocational colleges that have been established long before, namely STMA Trisakti and STIMRA, this raises concerns that each of insurance association boards tend to prioritize business aspects and profits alone, compared to efforts to strengthen insurance human resources (HR). This research aims to analyze the phenomenon of egoism among insurance association boards and its impact on the development of insurance human resources in Indonesia. The research methodology used is a qualitative approach with in-depth interview techniques and literature study. The research results show that there is a tendency for insurance association boards to prioritize business and profit aspects, prioritizing the interests of their respective insurance associations or institutions, while strengthening human resources to be able to compete at the global level does not receive adequate attention. This requires the cooperation of all parties to create a strong and recognized LSP on the global stage, such as CII in the UK or ANZIIF in Australia and New Zealand whose their existence is recognized and respected throughout the world.
Keywords: Human Resources, Insurance Institutions, Professional Certification Institutions, Competency Standards.
References
DAFTAR PUSTAKA
Effendi, M. I., & Nugroho, A. S. (2022). Tanggung jawab sosial perusahaan asuransi di Indonesia: Studi kasus dan evaluasi implementasi. Jurnal Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, 4(1), 1-18.
Hasibuan, A. M., & Sari, R. P. (2022). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi daya saing industri asuransi syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 12(1), 1-16.
Nugraha, A. T., & Suryadana, M. L. (2020). Analisis pengaruh kompensasi dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada perusahaan asuransi di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 225-236.
Pratama, A. P., & Nugraha, A. T. (2023). Analisis pengaruh pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja karyawan pada industri asuransi di Indonesia: Peran mediasi motivasi kerja. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 17(1), 1-14.
Rahardjo, M., & Sulistyowati, R. (2022). Peran kepemimpinan dan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan pada perusahaan asuransi di Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi, 8(2), 121-136.
Sari, R. P., & Purwanto, A. (2021). Etika bisnis dalam industri asuransi di Indonesia: Tinjauan kritis dan rekomendasi perbaikan. Jurnal Etika Bisnis, 5(2), 121-134.
Susanto, H., & Widyastuti, E. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan asuransi di Indonesia. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 14(2), 135-148.
Wahyuni, S., & Prayitno, B. (2021). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan asuransi: Studi kasus di perusahaan asuransi X. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 15(1), 1-12.
Wibowo, S. A., & Widyastuti, E. (2023). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah asuransi umum di Indonesia. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 1-10.
Yudha, P. G. P., & Suartana, I. W. (2022). Pengaruh kepribadian dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan perusahaan asuransi di Bali. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(2), 237-252.
Zulfikar, R., & Sari, R. P. (2021). Analisis penyebab rendahnya penetrasi asuransi syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah, 9(1), 67-82.
Zunaidi, A., & Pramesti, D. (2023). Peran asosiasi profesi dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di industri asuransi Indonesia. Jurnal Manajemen Asuransi, 11(1), 1-18.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Imam Musjab, Anton Muhardi, Benny Gunarso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.